Pentingnya Spesifikasi PC


Tahun 2019 ganti PC!

Image result for core i9

Itulah salah satu perkataan dari teman saya yang sudah tidak tahan dengan kelemotan dari PC-nya. PC atau Personal Computer sangat penting keberadaannya bagi tiap kalangan orang pada tahun millennial ini. Terutama bagi para pekerja, pelajar dan mahasiswa, PC diperlukan untuk mengerjakan tugas mereka agar pekerjaan dapat selesai. Namun, lancarnya tugas kita tersebut tidak hanya dipengaruhi oleh mood dan otak kita saja, tapi spesifikasi PC tersebut turut ambil bagian.
Yang paling dasar adalah prosesor, ia bertugas mengolah apa yang akan dilakukan oleh PC tersebut. Makin besar inti dari prosesor tersebut, makin cepat pula pekerjaan kita selesai. Misalnya Intel Core i7 tentu lebih cepat dari Intel Core i3, dan sebaliknya. Lalu ada VGA yang bertugas sebagai pengurus bidang grafik pada PC kita. Ia yang bertugas membuat tampilan display pada monitor atau layar kita menjadi tajam, jernih, dan nampak nyata. VGA sangat diperhitungkan oleh kalangan gamers yang memang membutuhkan grafik yang bagus, demi pengalaman dan sensasi bermain game yang terasa real. Berikutnya ada RAM yang tidak kalah penting. Makin besar RAM, makin cepat pula kinerja system dari PC kita, contoh yang paling sederhana adalah saat RAM kita 8 GB, maka waktu yang kita perlukan untuk membuka suatu folder atau aplikasi, lebih sedikit daripada RAM yang dibawah 8 GB. Ukuran RAM juga sangat dipertimbangkan oleh gamers ketika memilih-milih calon PC-nya. Ada lagi yaitu ROM, yang menunjukkan kapasitas ruang penyimpanan di PC kita. Semakin besar tentu semakin banyak pula file-file yang dapat kita simpan. Tetapi ROM tidak terlalu berpengaruh karena untuk mengakalinya, kita dapat membeli hard disk eksternal yang dapat kita gunakan kapan saja, di mana saja dengan mudah dan praktis.
Lalu apa sebenarnya esensi dari mempunyai PC dengan spesifikasi yang tinggi? Itu tergantung bagaimana kita menggunakan PC tersebut. Jika kita memang suka bermain game yang memerlukan spesifikasi yang tinggi, maka kita perlu mengeluarkan budget untuk itu. Namun jika PC hanya kita pakai untuk mengetik, menonton film, dan hal-hal dasar lain, spesifikasi sederhana sudah cukup. Jenis profesi juga menentukan seberapa penting mempunyai PC dengan spesifikasi dewa, seperti editor film, composer lagu, desainer grafis, hingga youtuber, memerlukan spesifikasi di atas rata-rata. Intinya tergantung bagaimana kita menggunakan PC kita dengan bijak.  

Comments