Mengatasi Komputer Lemot


Image result for komputer lemot

Komputer menjadi barang yang sangat penting pada zaman sekarang. Hampir semua pekerjaan pasti melibatkan komputer dalam menyelesaikan tugasnya, tidak hanya perusahaan, mahasiswa dan pelajar juga dituntut untuk menguasai komputer supaya dapat mempermudah dan melancarkan pekerjaan masing-masing. Untuk itu, tentu kelancaran dari komputer juga sangat dibutuhkan, makin cepat kinerja komputer, makin cepat pula pekerjaan kita selesai. Di sini saya akan membahas mengenai bagaimana cara-cara mengurangi kelemotan dari komputer.
1.      Defragmentasi Hard Disk
Ketik “disk defragmenter” pada Start Menu, lalu buat saja jadwal untuk defragmentasi hard disk. Hal ini diperlukan karena dalam proses pencarian dan pembacaan data, system komputer akan mencari data yang tersimpan pada hard disk menggunakan system indeks, sehingga jika kita tidak melakukan defragmentasi hard disk, maka data yang kita simpan berhamburan dan perlu waktu yang lama untuk mengakses.

2.      Browser Terlalu Berat
Usahakan jangan membuka langsung hingga beberapa tab ketika mengakses browser internet, karena akan membebani RAM dan membuat komputer menjadi lemot.

3.      Temporary Files Terlalu Banyak
Gunakan aplikasi untuk membersihkan file-file seperti ini, seperti CCleaner. File seperti ini memang berfungsi untuk mempercepat pembacaan file yang akan dibuka, tetapi ia juga sangat berpotensi memakan ruang pada disk.

4.      Banyak Aplikasi Start Up
Matikan start up tersebut secara default dengan mengetikkan “msconfig” pada Start Menu lalu pilih tab start-up dan matikan beberapa program start-up, semisal Tune-up dan Utilities jika ada.

5.      Terinfeksi Virus atau Malware
Gunakan anti virus yang sudah jelas reputasinya, seperti Avast, Kaspersky atau Nod23.

Comments