Komputer atau Laptop

Image result for komputer vs laptop
Banyak yang masih bingung bahwa mereka sebaiknya membeli laptop atau computer, terutama bagi pelajar dan mahasiswa, disini saya akan mencoba memaparkan plus dan minus dari keduanya.

v  Komputer

Saya yakin kita semua sudah tau seperti apa bentuk umum dari computer. Benda ini terdiri dari monitor, CPU, keyboard, dan mouse. Bisa juga kita tambahkan speaker untuk sensasi musik yang lebih maksimal. Nah, kelebihan dari computer ini adalah, kita dapat mengombinasikan masing-masing perangkat dari computer dan menyesuaikannya dengan budget yang kita miliki. Semisal kita ingin punya RAM yang besar, maka kita dapat membeli CPU dengan harga yang tinggi, dan menekan harga tersebut dengan membeli monitor yang biasa-biasa saja. Atau kita perlu speaker yang mempunyai bass yang mantap, maka kita bisa memotong budget kita untuk mouse atau keyboard. Kelebihan lain yaitu kita tidak perlu galau karena baterai habis, ya karena computer memang tidak memerlukan baterai karena harus selalu menancap dengan stopkontak. Namun computer memiliki beberapa minus, yaitu ukurannya yang besar dan perangkatnya yang bermacam membuat kita tidak bisa sembarangan memindahnya. Selain itu computer juga membutuhkan tempat yang agak luas agar kita dapat menggunakannyan dengan nyaman.

v  Laptop

Akhir-akhir ini keberadaan laptop makin menjamur di kalangan masyarakat. Apalagi karena kegunaannya yang praktis membuatnya makin digemari. Kelebihan dari laptop pasti kita tahu bahwa benda ini sangat praktis dan mudah digunakan, laptop juga tidak memerlukan ruang yang luas karena ukurannya yang kecil dan simple, membuatnya hanya membutuhkan ruang sebesar pangkuan kita. Apalagi untuk tipe laptop tertentu yang benar-benar slim, membuatnya sangat nyaman untuk dibawa kemana pun menggunakan ransel. Walaupun ukurannya yang kecil, laptop tertentu juga dipersenjatai oleh perusahaan pembuatnya dengan spesifikasi yang tidak main-main. Ada Republic of Gamers (ROG) dari Asus, atau Alienware yang spesifikasinya benar-benar membuat kita ngiler karena game apapun bisa dipastikan dapat digunakan dengan lancar jaya. Tapi laptop tetaplah mempunyai kelemahan, seperti baterai laptop yang juga mempunyai batasnya. Kita juga harus selalu membawa charger laptop kemana pun kita membawa laptop untuk menghindari kehabisan baterai. Tentunya kita juga otomatis harus mencari stop kontak. Bentuknya yang slim juga kadang membuat kita lupa bahwa itu adalah laptop, terkadang kita meletakkannya di atas kasur lalu tidak sengaja menidurinya dan menyebabkan rusaknya laptop.

Komputer atau laptop, semua terserah pada kita, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget dompet. Tetapi jika budget mencukupi, why not both?

Comments