Pengantar Komputer I di PKN STAN



Pengantar Komputer I

Image result for stan bintaro

18 September 2018, pukul 10.00 WIB aku menjalani kuliah komputer untuk yg pertama. Sejarah komputer menjadi bahasan utama di pertemuan kali ini. Aku memang sudah tau kalau komputer memang sudah ada sejak lama, tapi tidak sekalipun aku pernah berpikir kalau ternyata besar sekali komputer pada jaman dulu, sekitar 500 m2. Gila sih, luas sebesar itu isinya cuma komputer satu biji, jaman sekarang, luas seukuran itu sudah dibuat lapangan futsal. Aku juga membayangkan jika tugas pada jaman sekarang dikerjakan menggunakan komputer generasi satu, pasti asik. Lalu aku juga baru tahu kalau komputer yang sedang kupakai sekarang ini adalah komputer generasi ke lima, yang berarti generasi-generasi sebelumnya memiliki kisah unik tersendiri. Aku juga baru tau kalau super komputer itu benar-benar ada dan digunakan dalam proyek kerja super besar seperti stasiun luar angkasa dan sistem keamanan pemerintah. Tapi jujur saja, aku kurang mengerti sistem cara kerja dari komputer itu sendiri, tentang bagaimana layar komputer bisa menyala hingga hal sepele seperti kenapa sistem keyboard dibuat qwerty dan bukan urut berdasarkan alfabet. Aku juga sempat memikiran kenapa para ahli bisa terpikir di kepala mereka untuk membuat komputer.
Aku juga kadang penasaran kenapa para ahli yang membuat komputer dulu, sangat gigih dan tidak menyerah dalam menyelesaikan proyek komputer mereka, padahal sudah jelas-jelas bahwa biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, belum lagi kalau mengalami kegagalan, pasti sangat kecewa mereka terhadap dirinya sendiri. Tapi kerja keras mereka sekarang berbuah manis karena hasil karya mereka kini telah dapat berkembang dengan maksimal dan digunakan dalam tiap inci kehidupan manusia modern.

Comments